Kamis, 25 Juli 2013

Sofi Suryasnia: "Prioritaskan Pendidikan Anak"


Sofi Suryasnia (sumber: istimewa)
Sofi Suryasnia (sumber: istimewa)

Kamis, 25 Juli 2013 - beritasatu.com - Masa depan buah hati perlu dipersiapkan sebaik-baiknya sejak dini, termasuk pendidikan yang akan membantunya kelak menjadi mandiri dan meraih kesuksesan. Prinsip ini yang dipegang Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary Division PT Bank Jabar Banten Tbk (BJB), Sofi Suryasnia, sehingga dia begitu memperhatikan pendidikan anaknya, baik formal maupun nonformal.

Di tengah kesibukannya sebagai pegawai bank, Sofi berusaha memberi perhatian kepada kemajuan pendidikan anak-anaknya. Bahkan, menurut dia, sebagian porsi dari pengeluarannya lebih baik dibelanjakan untuk pendidikan anak, termasuk mencarikan sekolah atau kursus yang cukup baik untuk menunjang masa depan. Demikian yang selalu dia tekankan kepada rekan-rekannya di komunitas luar kantor.

“Bagi saya, pendidikan anak-anak itu penting. Tapi pendidikan jangan sampai berhenti di sekolah formal, melainkan juga perlu belajar nonformal, seperti kursus. Tidak perlu yang berbau eksakta atau sosial, tapi bisa juga kursus menggambar komik, kursus musik, dan lain-lain yang bisa membuat anak-anak senang,” tuturnya di Bandung, baru-baru ini.

Dia mengaku pernah khawatir dengan minimnya perhatian ke anak, ketika dirinya ditugaskan di Kantor Wilayah Bogor, kemudian Serang, yang berjauhan dengan anak-anak serta suaminya di Bandung. Apalagi, seorang putranya, yang saat itu duduk di kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP), tengah menyiapkan diri untuk mengikuti Olimpiade Fisika Nasional di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, kemudian di Universitas Padjadjaran (Unpad). Namun, putranya tersebut akhirnya mampu mengurus dirinya sendiri hingga meraih gelar juara pertama.

“Biasanya anak laki-laki ketika masih kecil justru lebih manja, tapi anak saya bisa mengurus sendiri keperluannya saat itu,” ujarnya.

Pandangannya yang positif terhadap pendidikan nonformal membuatnya turut mendukung hobi dari anak-anaknya. Sebagai contoh, putranya yang sulung gemar bermain alat musik bas dan kini mengikuti kursus di Purwacaraka. Begitu pula dengan anak kedua dan ketiganya yang gemar bermain alat musik biola. Kendati demikian, dia tetap melihat pendidikan formal harus diprioritaskan. Dia mengaku sempat khawatir ketika putra sulungnya justru sempat lolos kompetisi musik di Hard Rock.

“Takutnya kebablasan, karena setidaknya selesaikan dulu sekolahnya. Tapi saya mendukung hobinya untuk keseimbangan otak kiri dan kanan. Dengan begitu, sense-nya lebih peka dan agar tidak jenuh setelah belajar. Setelah baca buku tebal-tebal, lalu main gitar, misalnya. Jadi ada kepuasan batin,” papar Sofi.

Melihat anak-anaknya yang menjalani pendidikan dengan baik, dia meyakini bahwa seharusnya tidak ada kekhawatiran di benak para ibu yang bekerja. Umumnya, Sofi melihat, setelah melahirkan anak pertama, para perempuan karier mengambil cuti hamil dan setelahnya resign dari pekerjaannya. Alasan utama yang sering muncul yaitu khawatir tidak dapat mengurus anak dengan baik. Padahal, asalkan anak-anak diberikan pengertian dan tetap menjaga komunikasi yang berkualitas, dia optimistis anak-anak dapat survive dengan kehidupan mereka.

Obsesi Dirikan Lembaga
Ternyata, prinsip yang dipegang Sofi untuk mengedepankan pendidikan tersebut sangat diendapkannya, hingga dia memiliki impian mendirikan lembaga pendidikan ataupun pelatihan bagi anak-anak muda. Sofi bermimpi, lembaga tersebut dapat memberikan kursus yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya sendiri, contohnya akuntansi. Ia sendiri setiap Sabtu selalu mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas, sebuah yayasan pendidikan di Bandung yang turut dimiliki oleh BJB. Sesekali, dirinya diundang mengajar di Universitas Padjadjaran sebagai dosen tamu.

“Saya senang bercerita, sehingga walaupun pelajarannya padat dan penuh angka, tentang akuntansi dan pajak, interaksi dan bercanda dengan mahasiswa membuat saya senang. Jadi, tidak stres," ujarnya.

Pendirian kursus dan lembaga pendidikan yang diimpikannya itu juga terkait dengan pandangannya bahwa anak-anak muda perlu untuk diberikan bekal kewirausahaan. Tidak hanya itu, agar berhasil menjadi wirausaha, anak-anak muda juga perlu untuk dibekali pengetahuan mengenai akses pendanaan, terutama perbankan. Pandangannya itu dialaminya sendiri ketika putra sulungnya yang berkuliah di jurusan mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) mengharapkan adanya bantuan permodalan untuk proyeknya.

“Dia punya ide membuat suatu alat untuk sepeda motor injection, sempat bertanya apakah bisa meminjam dana ke BJB. Jadi sebenarnya dia sudah arah menjadi entrepreneur. Saya jelaskan saja mengenai pinjaman di perbankan. Nah, menurut saya sebaiknya perlu juga ilmu perbankan disisipkan di mata kuliah manajemen atau apa pun yang terkait ekonomi. Itu pasti ada, walaupun di jurusan teknik,” kata Sofi.

Sehat dan Selamat
Secara menyeluruh, Sofi memegang prinsip hidup yang disarikannya menjadi satu frasa, yaitu sehat dan selamat. Menurut dia, jika seseorang sehat, di mana pun pekerjaan dilakukan, orang tersebut akan merasa mampu dan menikmati pekerjaannya. Sedangkan "selamat", dinilainya dapat diaplikasikan sesuai jenis pekerjaan masing-masing. Sebagai contoh, dirinya yang bekerja di bank, berarti harus prudent atau berhati-hati.

Tidak hanya pekerjaan di kantor, namun menurutnya prinsip "selamat" harus dipraktikkan juga oleh siapa pun orangnya, termasuk sopir yang mengemudikan kendaraan, bahkan hingga ibu rumah tangga yang mengurus anak-anak. “Apalagi, menjaga anak-anak zaman sekarang tidak mudah. Jadi prinsip itu sebenarnya coverage-nya luas,” kata Sofi.

Prinsipnya itu juga digunakan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah, karena manjur untuk menghindarkan diri dari rasa putus asa atau frustrasi. Menurut dia, masalah tidak pernah akan hilang, sehingga seperti takdir manusia yang diberikan oleh Tuhan, hanya saja tinggal menunggu waktu dan kesanggupan manusianya.

Sebagai seorang ibu yang memerhatikan keluarganya, Sofi mengaku mendapatkan kepuasan batin ketika melakukan berbagai hobi atau kegemarannya bersama-sama keluarga, seperti berkaraoke di rumah, membaca novel dan majalah, menonton film, bahkan bersepeda dengan keluarga. Jika tidak ditugasi oleh kantor, setiap shari Minggu, Sofi dan keluarga bersepeda ke pusat kota dari rumahnya.

“Suatu hari nanti, ketika saya pensiun, tentunya saya akan kembali ke keluarga. Jadi, buat saya keluarga itu tetap nomor satu,” pungkas Sofi.
Penulis: GRC/AB
Sumber:Investor Daily

Tidak ada komentar:

Posting Komentar