Selasa, 23 Juli 2013

Membuat Kue Sendiri Oleh Sita



 
Selasa, 23 Juli 2013 – 22:12 WIB

1.    Membuat “Slagroom”

Bahan : 

* Mentega    :      2 ons
* Gula halus :      2  ons 
* Putih telur  :     5 butir
* Air dingin   :     1 mangkuk teh
* Panile        :      1/2 sendok the

Cara membuatnya

Putarlah mentega dan panile sampai putih. Gula dimasak dengan air sampai tingkat kekentalannya cukup. Untuk mengetahui hal ini, jika diangkat dengan sendok lalu dituang gula tersebut akan jatuh bertali-tali.  Sementara itu putih telur diputar sampai mengembang, kemudian gula yang sudah dimasak tadi dituang dicampur jadi satu lalu diaduk terus hingga dingin. setelah itu, campurlah dengan mentega yang sudah diputar tadi dan aduklah semuanya secara perlahan-lahan sampai merata dan kental. 

2.      Membuat Kue “Krakel”
Bahan :

*  3 gelas tepung beras ketan
*  3 atau 4 butir telur bebek
*  2 sendok  garam halus

Cara membuatnya

    Cara membuat kue "Krakel" atau kue "Krakeling" adalah memilih beras yang tidak bercampur, lalu direndam dalam air kira-kira sepuluh menit baru kemudian ditumbuk sampai halus menjadi tepung. Aduk secara berputar garam dan telur, kemudian tawurkan tepung beras ketan tadi secara bertahap sedikit demi sedikit. Lamanya kira-kira 1/2 jam sampai terasa adonan tersebut lembut benar. Pakailah daun talas sebagai pembungkus. Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, gilinglah adonan tersebut sampai sebesar pensil dengan bentuk memanjang. Kemudian bentuklah seperti angka delapan atau bentuk-bentuk lainnya sesuai keinginan anda. Setelah selesai membuat bentuk-bentuk kue krakel yang diinginkan, baru kemudian digoreng. Selamat mencoba!

3.      Membuat Kue Licing

Bahan :

* Gula            2,5 ons
* Mentega     2,5 ons
* Tepung       2,5 ons
* Putih telur   6 butir
* Panile          1/2 sendok teh

Cara membuatnya 

    Mentega, gula, dan panile dicampur menjadi satu, lalu diaduk dengan putih telur sedikit demi sedikit. setelah itu barulah tepung terigu dimasukkan kemudian diaduk sampai benar-benar mengembang. Masukkanlah adonan tersebut ke dalam kantong kertas dengan menggunting ujungnya kira-kira sebesar potlot. setelah itu semprotkanlah ke dalam kaleng pembakaran / open dengan susunan sama panjang. 

Penulis:
Sita Rosita Pangarakan, Bogor 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar