Jumat, 13 Desember 2013

Lima dongeng yang terjadi di dunia nyata - ANTARA News


Jumat, 15 November 2013 13:36 WIB 

Ilustrasi cerita karya Grimm Bersaudara yang berjudul "Gadis Bertudung Merah" yang dibuat oleh Arthur Rackham. (www.wikipedia.org)



Jakarta (ANTARA News) - Dongeng sihir dan monster, pangeran tampan dan putri, mungkin tak realistis, tetapi kaca mata sains mengungkapkan beberapa dongeng tidak mengada-ada karena nyata.

Berikut lima dongeng yang menjadi nyata seperti yang dilansir LiveScience.

1. Cermin ajaib. Cermin ajaib memiliki kemampuan luar biasa, tergantung pada kisahnya. Dalam cerita  "Putri Salju", cermin mampu menjawab pertanyaan secara jujur selama memungkinkan (satu pertanyaan sia-sia Ratu yang ditanyakan, "Siapa yang tercantik di antara semua orang?").  

" The Magic Mirror" karya Aleksandr Afanas'ev, terdapat item mempesona yang memiliki kemampuan yang sama dan juga dapat memperlihatkan gambar seketika di mana pun Anda inginkan.

Teknologi telah memberikan kita cermin kecil ajaib yakni Siri, aplikasi iPhone untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan tindakan dengan mendelegasikan permintaan melalui akses Internet. Jika ditanya, Siri akan memperlihatkan pada Anda gambar lokasi, orang atau sesuatu, atau mencoba menjawab semua pertanyaan yang Anda ajukan.

Beberapa pengembang saat ini mencoba mengubah cermin besar ke dalam pusat informasi. Laboratorium Riset dan Pengembangan (R&D) the New York Times misalnya,  bekerja pada layar yang memantulkan cahaya.

"Cermin Ajaib" yang mengizinkan Anda untuk melihat artikel terbaru NYT (New York Times) dan video, seperti jadwal dalam kalender pribadi Anda, toko online dan bertukar pesan dengan cermin ajaib lainnya di rumah tangga Anda.

2. Penyihir Oz (Wizard of Oz). Penyihir jahat kuat dari Barat dalam cerita the Wizard of Oz, yang memiliki satu kelemahan aneh dan fatal yakni air yang  menyebabkan tubuhnya meleleh.

Sulit dibayangkan jika air memiliki efek seperti pada tubuh manusia - yang terdiri atas darah dan daging, tetapi tak berarti H 2O ini selalu jinak. Tanyakan pada seseorang yang mengalami Aquagenic urticaria.

Aquagenic urticaria adalah gangguan langka yang menyebabkan kulit  gatal dan nyeri setelah terkena air beberapa menit (pada kasus yang sama, termasuk keringat dan air mata penderitanya). Berdasarkan studi yang telah dupublikasikan jurnal Annals of Dermatology, sedikit 100 kasus Aquagenic urticaria tercatat dalam literatur ilmiah sejak awal dijelaskan pada 1964.

Jika penyihir jahat memiliki Aquagenetic urticaria, melemparkan air padanya tidak akan membunuhnya, tetapi nyeri tiba-tiba dan mengagetkan mungkin cukup untuk membuatnya menangis sambil berkata," Saya meleleh! meleleh! Oh, dunia apa ini! dunia apa ini!.

3. Putri Salju. Dalam kisah Putri Salju, putri yang mengigit apel lalu jatuh koma, hanya dapat dibangunkan dengan kecupan cinta sejatinya. Ada penjelasan sederhana tentang tidurnya Putri Salju: bakteri.

Listeria monocytogenesis, bakteri berbentuk batang yang tinggal di berbagai makanan, termasuk apel. "Ini ,menyebabkan meningitis dan sering membuat pusing dan membuat pingsan sampai koma," kata Dr. George Thompson, asisten profesor medicine at the University of California, Davis.

Bagaimanapun, bertindak sesuatu lebih dari kecupan untuk membangunkan seseorang dari meningitis- koma, kecuali kecupan  yang entah bagaimana dengan dosis besar antibiotik.

4. Pinokio.  Berasal dari kayu, Pinokio menjadi anak laki-laki nyata dengan bantuan sihir. Dalam drama dongeng ABC " Once Upon a Time", kita melihat hal sebaliknya, Pinokio, saat ini pria yang tumbuh tanpa sihir di dunia ini, berubah menjadi kayu.

Ini terjadi,  tentu saja, adalah omong kosong - kecuali Pinocchio memiliki Epidermodysplasia verruciformis, kelainan kulit genetik langka yang ditandai dengan risiko tinggi kanker kulit.

Kekurangan imun kekebalan tubuh dapat membuat orang sangat rentan terhadap berbagai jenis human papillomavirus, termasuk menyebabkan  kutil barklike.

Pada tahun 2008, di Indonesia, Dede Koswara membuat dunia tertegun dengan kutil barklike yang tumbuh dari tangan dan kaki.  Dokter mengatakan ini disebabkan  kombinasi epidermodysplasia verruciformis dan virus HPV-2.

Virus menyerang (membajak) sel-sel kulit Koswara, meningkatkan jumlah keratin (protein berserat yang bertanggung jawab menumbuhkan rambut dan kuku).

Dengan sistem kekebalan tubuh Dede yang lemah, kutil keratin tumbuh di luar kendali, memadat, pertumbuhan keriput yang membuatnya mendapat julukan "Manusia Pohon".

5. Gadis berkerudung merah. Dunia dongeng memberikan sejumlah contoh makhluk misalnya manusia serigala seperti Beast dari "Beauty and the Beast" atau serigala dalam beberapa interpretasi seperti dalam "Gadis berkerudung Merah" ("Little Red Riding Hood). Tetapi manusia serigala menakutkan ini mungkin hanya korban malang dari suatu kondisi medis.

Hipertrikosis, yang dikenal  "sindrom manusia serigala," didefinisikan dengan jumlah rambut berlebihan, baik di seluruh tubuh atau hanya di daerah tertentu. Kadang-kadang seseorang dilahirkan berbulu karena mutasi genetik yang langka, di saat lain, seseorang memperoleh hipertrikosis di kemudian hari sebagai efek samping dari obat-obatan dan bahan kimia tertentu, atau bahkan beberapa jenis kanker.

Kasus sindrom manusia serigala yang pertama yang dilaporkan sekitar tahun 1600-an - Petrus Gonzales dari Kepulauan Canary, bersama dua putrinya, anak, dan cucu, memiliki kondisi seperti ini. Dan pada abad ke-19, orang-orang dengan hipertrikosis, seperti Jo-Jo anak laki-laki dengan wajah menyerupai hewan anjing, Lionel - pria yang berwajah seperti hewan singa dan wanita berjenggot, menjadi bahan tontonan bukannya ditakuti.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar